14 Tips Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang menjadi primadona di kalangan masyarakat, ada motor bebek, motor matik dan motor kopling. Kalau di desa saya motor kopling biasa disebut dengan motor lanang (motor laki).

Saya sendiri bisa naik motor kopling yamaha Vixion (Saya menyebutnya si Vixi) pas kelas 2 SMA, itupun pinjem motor kakak saya. Belajar mengendarai motor kopling bisa dibilang agak susah daripada belajar mengendarai motor bebek ataupun motor matic.

Karena ketika kita belajar mengendarai motor kopling, kita harus mampu memainkan kopling dan gigi saat motor sedang melaju.

Misal, kamu ingin menambah kecepatan gigi, maka kamu harus menekan kopling terlebih dahulu, dan biasanya hal tersebut menjadi kendala bagi sebagian orang, karena terkadang mesin mati sendiri akibat lupa menarik tuas kopling.

Belajar Motor Kopling

Beda lagi kalau kamu naik motor bebek, ketika mau masukin gigi tinggal jeglek aja, apalagi motor matic tinggal duduk lalu tancap gas poool.

Sebelumnya kamu pastikan dulu kondisi motor kopling yang akan kamu gunakan untuk belajar.

1. Handle kopling ada di bagian kiri, dibagian kanan adalah handle rem depan.

2. Perseneling gigi berada di bagian kiri, sedangkan bagian kanan adalah tuas rem belakang.

3. Tuas gas di sebelah kanan disertai tombol dobel starter dibagian bawahnya.

4. Spion lengkap dan motor dalam keadaan fit.

5. Bahan bakar ada (meskipun tidak full tank)

Oke, selanjutnya langsung saja menuju tips bagaimana cara belajar mengendarai motor kopling bagi pemula. Jangan terlalu serius bacanya karena ada sedikit guyonan di dalam artikel ini, hehe.

Tips Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula


1. Pastikan motor kopling yang akan kamu gunakan dalam keadaan fit, bahan bakar ada, ban depan belakang tidak kempes dan gunakan helm untuk pengaman. Kamu bisa minta tolong teman berada dibelakang jika kamu kurang yakin, jika sudah yakin kmau bisa mencoba sendirian.

2. Siapkan kunci dan masukkan kunci putar ke posisi ON

3. Setelah itu biasanya layar speedometer akan menyala, kalau motor-motor jaman now biasanya mempunyai tampilan speedometer digital.

4. Pastikan posisi gigi pada posisi Netral (N)

5. Mulailah menyalakan mesin motor dengan cara menekan tombol Starter, jika aki sedang tekor kamu bisa menggunakan Kick Starter dengan cara memancalnya (menginjaknya) jangan lupa menarik tuas kopling.

6. Setelah mesin menyala, tarik tuas kopling secara penuh kemudian masukkan gigi 1 kearah depan, biasanya motor laki sistem giginya 1-N-2-3-4-5-6.

7. Kemudian jalankan motor dengan cara menarik tuas gas secara perlahan, usahakan ketika menarik gas seimbang dengan melepaskan tuas kopling. Jangan langsung melepaskan tuas kopling secara kasar, bisa-bisa motor akan ngetril (loncat-loncat), apalagi tanpa menarik tuas kopling bisa-bisa mesin cepat rusak.

8. Setetah gigi satu mulai lancar, tambah kecepatan dengan cara menekan perseneling kebelakang (mencungkil keatas) untuk menambah ke gigi dua, jangan lupa tekan tuas kopling seperti pertama tadi.

8. Atur keseimbangan saat berkendara, kamu harus fokus, misal kamu berpapasan dengan mantan, abaikan saja, fokus ya fokus. Jika dia menyapa kamu duluan bolehlah sapa balik dengan cara mengklakson, beep beep!!

9. Kalau dirasa kamu sudah cukup seimbang, tambahkan kecepatan ke posisi gigi 3, caranya seperti menambah gigi 2. Saya rasa untuk pemula sampai gigi 3 dulu karena kecepatan sudah sampai 50 km/jam, mengingat gigi 4, 5 dan 6 untuk kecepatan lebih tinggi.

10. Untuk cara memindah gigi dari 3 ke gigi 2 caranya tekan tuas kopling kemudian injak perseneling bagian depan ke bawah.

11. Ketika kamu ingin mengurangi kecepatan, lakukan dengan cara pengereman yang halus, jangan mengerem secara kasar, karena itu sangat berbahaya. Misal di tengah jalan ada kambing atau ayam tetangga, kamu jangan panik ya, tetap fokus.

12. Lakukan pengulangan berkali-kali jika belum terlalu lancar, intinya kuasai motor saat berkendara, pahami juga fungsi-fungsi tombol seperti sein, lampu jarak dekat / jauh dan klakson.

13. Jagan lupa selalu patuhi rambu-rambu lalulintas, jangan seenaknya melanggar rambu lalu lintas karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

14. Saya doakan mudah-mudahan kamu cepat bisa lancar naik motor kopling 😊

*****

Saya kira 14 tips tersebut bisa membantu kamu yang sedang belajar motor kopling, jangan lupa berdoa dulu sebelum berkendara untuk keselamtan diri sendiri dan orang lain.

Usahakan belajar di tempat / jalan yang sepi, kalau jalanan selalu ramai bisa belajar di parkiran atau lapangan yang sepi.

Dulu saya belajar di lapangan bola ketika sedang tidak dipakai, awalnya muter-muter dulu ketika sudah mampu main kopling, lanjut ke jalan raya.

Soal jatuh itu udah biasa Coy, jangan mudah menyerah, sekali gagal kamu harus mampu bangkit lagi, kalau gak mau jatuh naik aja sepeda anak-anak yang rodanya 4 hehe.

Bercanda Coy.

Oh iya, jika kamu mengendarai motor kopling di tanjakan maupun turunan, usahakan mainkan kopling secara cepat ya, jangan sampai mesin mati ketika di tanjakan.

Oke, jika kamu yang kebetulan belajar motor kopling dan berhasil berkat artikel ini, bolehlah bantu share atau mungkin ada teman kamu yang ingin belajar motor kopling bisa kamu tahu artikel ini.

Semoga tips diatas bermanfaat bagi kalian semua ya Coy.

Sek yo!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 Tips Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula"

Posting Komentar