7 Tips Aman Mudik Menggunakan Motor

Mudik merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, biasanya mudik dilakukan menjelang Hari Raya (Lebaran). Ada beberapa jalur transportasi yang bisa digunakan saat mudik yaitu darat, laut dan udara.

Jalur darat sendiri ada beberapa pilihan seperti naik bus, kereta api maupun bawa kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

Tips Mudik Menggunakan Motor
(mudikgratis.com)
Nah, kali ini Asroda akan memberikan tips aman mudik menggunakan sepeda motor matic maupun mudik menggunakan motor sport, jika kamu kebetulan ingin mudik dan mengendarai sepeda motor, sepertinya bisa menerapkan tips berikut ini.

7 Tips Aman Mudik Menggunakan Sepeda Motor


1. Pastikan Motor Kamu Kondisinya Fit


Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kondisi sepeda motor yang ingin kamu gunakan untuk mudik, pastikan kondisinya fit, kalau bisa servis dulu sebelum digunakan untuk mudik.

Periksa lagi kondisi rem, tekanan ban, kelistrikan, lampu dan komponen lainnya. Solanya perjalanan mudik yang jauh dibutuhkan sepeda motor yang prima.

Jangan lupa gunakan helm SNI, sepatu, jaket, masker, kacamata dan selalu patuhi rambu lalulintas.

2. Pastikan Kondisi Kamu Juga Fit


Selain kondisi sepeda motor harus fit, kondisi pengendara juga harus fit, jika kamu merasa kurang fit, tidak disarankan naik motor. Lebih baik naik kendaraan umum seperti bus atau kereta api.

Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan. Jangan lupa untuk istirahat jika badan merasa capek.

3. Tentukan Rute 


Sebelum kamu mulai memacu roda dua menuju kampung halaman, sebaiknya tentukan dulu rute mana yang ingin kamu lewati, usahakan memilih rute yang tidak terlalu ramai.

Kamu bisa menggunakan peta online untuk memilih rute mana yang paling nyaman dan kalau bisa rute paling cepat.

4. Istirahat Jika Merasa Capek


Jangan lupa istirahat jika badan merasa capek, saran saya istirahatlah ketika sudah menempuh waktu selama 2 sampai 3 jam. Kalau kamu merasa capek banget bisa istirahat kapanpun.

Carilah tempat istirahat yang sudah disediakan di pinggir jalan, biasanya ada beberapa rest area yang sudah disediakan khusus para pemudik.

Jika merasa haus bisa minum dulu untuk mengisi tenaga, jangan lupa perikasa bahan bakar supaya tidak kehabisan di tengah jalan.

5. Sabar


Kondisi jalanan ketika mudik biasanya macet dan volume kendaraan akan membeludak, biasanya keadaan seperti ini akan membuat beberapa orang tidak sabar dan emosi.

Ingat keluarga kita yang sudah menunggu di rumah.

Usahakan kamu tetap sabar dan jangan sampai terpancing emosi, patuhilah rambu lalulintas, jangan sekali-kali melanggar atau menerobos lampu merah.

Selain membahayakan diri sendiri, hal tersebut juga bisa membahayakan pengendara lain.

Apesnya kamu bisa ditilang Pak Polisi.

6. Bawa Barang Secukupnya


Nah, biasanya hal ini yang sering dilupakan oleh beberapa pemudik, mereka membawa barang yang melebihi muatan. Hal ini bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Usahakan bawa barang secukupnya, bawalah barang yang sekiranya penting-penting saja mengingat ini adalah mudik, bukan pindah rumah hehe.

7. Berdoa


Hal terakhir yang bisa saya sampaikan yaitu jangan lupa berdoa supaya perjalanan kamu sekeluarga bisa sampai rumah dengan selamat.

Bisa bertemu dengan keluarga, bisa memeluk dan minta maaf pada orang tua.

*****

Oke, itulah 7 tips aman mudik menggunakan sepeda motor yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan saya doakan semua pemudik sampai kampung halaman dengan selamat.

Baca dong:


Sek yo!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Aman Mudik Menggunakan Motor"

Posting Komentar