8 Cara Merawat Motor Matic Biar Tetap Awet dan Nyaman Dikendarai

Motor matic di jaman sekarang sudah menjadi motor yang banyak digunakan oleh masyarakat, sebelum ada matic dulu yang terkenal adalah motor sport dan bebek. Dulu motor matic identik dengan cewek, kalau sekarang banyak cowok yang pakai matic, kayak saya juga lho hehe.

Ngomongin soal motor matic, kamu pernah gak ngalamin motor matic kamu kurang nyaman saat dikendarai? kalau pernah itu artinya sudah saatnya kamu beli motor baru, hahaha bercanda kok Coy.

Cara Merawat Motor Matic

Biasanya karena kurangnya perhatian pemilik motor tersebut, jarang diservis, pokoknya asal tarik gas aja, yang penting masih bisa jalan, hehe.

Misal motor bisa ngomong dia akan teriak "saya capek, saya butuh pijit, butuh diperhatikan, dimanja-manja."

Gak gitu juga kali haha

Cara naik motor matic juga lebih mudah dibanding naik motor manual, pokoknya tinggal gas rem gas rem aja hehe.

Nah, kali ini saya akan kasih tips merawat motor matic kesayangan kamu supaya tetep awet dan performanya tetep fit.

Cara Merawat Motor Matic Biar Tetap Awet dan Nyaman Saat Dikendarai


1. Panasi Dulu Mesin Motor Sebelum Digunakan


Saat kamu mau menggunakan motor matic kesayanganmu, sebaiknya lakukan pemanasan dulu supaya motor tidak kaget, tujuannya biar oli mesin melumasi seluruh bagian mesin motor.

Ibarat manusia baru bangun langsung suruh lari kan ya gak enak kan, hehe. Butuh pemanasan dulu.

Saran saya panasin mesin motor selama 5-10 menit, jangan lama-lama ya. Sebaiknya gunakan Kick Starter saat memanasi mesin motor.

Tapi motor sekarang sudah gak pakai Kick Starter seperti New Vario 125.

2. Gunakan Motor Sewajarnya


Ketika kamu sedang mengendarai motor matic kamu, sebaiknya gunakan dengan wajar dan baik, jangan suka membleyer (menggeber) mesin motor.

Soalnya motor matic beda sama motor kopling, kalau motor kopling masih bolehlah digeber.

Nah ini motor matic Coy, kalau kamu geber-geber nanti lama kelamaan mesin bisa cepat rusak dan mempengaruhi kinerja V-belt juga lho.

3. Periksa Isi Tangki Bahan Bakar


Kalau jaman dulu pas motor mau kehabisan bensin masih bisa jalan dengan cara menarik tuas Choke atau sering disebut Cuk. Biasanya masih ada sedikit bensin yang tersimpan di dalam ruang dekat karburator.

Beda sama motor matic yang menggunakan fitur Injeksi seperti jaman seakrang, kalau kehabisan bensin bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Lha wong gak ada tombol Choke-nya kok, apa yang mau ditarik?

Sebaiknya selalu isi bahan bakar dan jangan sampai kehabisan di tengah jalan, kan sudah ada indikatornya di speedometer.

Kalau sekiranya sudah hampir habis, bisa langsung menuju SPBU atau POM Mini terdekat Coy.

4. Periksa Kondisi Aki dan Busi


Selain selalu cek dan merawat mesin motor matic, kamu juga perlu memperhatika kondisi aki dan busi lho Coy.

Soalnya barang ini cukup penting bagi motor, aki berfungsi memberikan energi listrik yang digunakan untuk menghidupkan motor melalui tombol starter, menghidupkan lampu dan bisa juga untuk mengisis daya hape.

Sedangkan bsui juga sama memberikan daya listrik pada saat mesin motor mau dihidupkan.

Sebaiknya jangan malas mengecek kondisi kedua barang tersebut karena berhubungan dengan kelistrikan motor.

Misal aki udah mulai tekor atau soak, segera ganti dengan yang baru, kalau aki basah masih ada harapan dengan cara dicas, tapi kalau aki kering biasanya langsung ganti dengan yang baru aja Coy.


5. Jangan Lupa Ganti Oli Secara Berkala


Oli mesin merupakan hal yang penting bagi kondisi mesin motor, karena oli mesin berfungsi untuk melumasi mesin motor dan meminimalisir gesekan antar komponen motor supaya tidak cepat baret maupun rusak.

Sebaiknya ganti oli mesin setiap pemakaian antara 1500 km sampai 3000 km, kalau motor jarang dipakai bisa antara 1 sampai 2 bulan.

Kalau perlu kasih tanggal kapan waktunya ganti oli biar kamu gak lupa Coy, karena ini penting banget lho.

6. Periksa Kondisi V-belt Motor


V-belt merupakan komponen penting bagi motor matic, soalnya benda ini berfungsi sebagai penggerak motor Coy, jangan biarkan ruangan disekitar V-belt kotor karena akan mempengaruhi performa motor nih.

Kalau V-belt udah mulai aus dan giginya udah pada lepas sebaiknya segera diganti, jangan nunggu putus di tengah jalan dulu baru nyesel dan ganti V-belt, kamu gak mau kejadian seperti itu kan?

Soalnya saya pernah naik motor matic dan V-belnt nya putus di tengah jalan, haha.


7. Periksa Shockbreaker


Shockbrekaer atau skok juga merupakan bagian penting dari motor matic, biasanya kan skok belakang matic itu hanya satu atau single shockbreaker kan?

Meskipun ada juga sih yang pakai 2 skok belakang.

Sebaiknya jangan memberi beban yang melebihi kapasitas karena bisa merusak skok belakang maupun depan, apalagi kalau pas lewat jalanan yang berbatu, wah bisa-bsia skok motor matic kamu bisa bocor.

Skok belakang motor matic saya juga pernah bocor olinya, pas dinaikin rasanya gak nyaman banget, keras dan bikin perut sakit haha.

Jika oli skok sudah bocor segera ganti skok baru atau bisa juga servis ke tempat servis skok.

8. Perhatikan Kondisi Ban


Terkadang kondisi ban ini juga kurang diperhatikan oleh para pengendara motor nih Coy, misal kondisi permukaan ban motor sudah mulai halus, sebaiknya segera diganti.

Karena permukaan ban yang halus itu bisa membahayakan pengendara motor, bisa mengakibatkan tergelincir sehingga terjatuh.

Bahkan saya pernah melihat ban motor temen saya itu benangnya sampai kelihatan, pas saya naikin berdua eh malah kebanan (bocor) di tengah jalan.

Ingat, jangan malas mengecek tekanan ban dan kondisi ban ya Coy, biar perjalanan tetep aman dan nyaman.

*****

Motor memang alat transportasi yang sudah menjadi pilihan utama banyak orang, dan saat ini banyak sekali motor matic yang mengaspal di jalanan.

Cara Merawat Motor Matic

Mulai dari CC kecil hinggal CC besar, itu menandakan motor matic bisa menarik perhatian pengguna cewek maupun cowok.

Oke, itulah 8 cara merawat motor matic yang bisa Asroda bagikan, bila ada kekurangan bisa ditambahkan sesuai pengalaman kamu masing-masing. Semoga bermanfaat.

Monggo dibaca:


Sek yo!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara Merawat Motor Matic Biar Tetap Awet dan Nyaman Dikendarai"

Posting Komentar